Panduan Menjaga Motor yang Jarang Dipakai Supaya Mesin Masih Tetap Sempurna

Kendaraan motor harus dipakai supaya mesin masih tetap tahan lama dan berperan seperti mestinya. Menggunakan motor dengan teratur termasuk juga dalam perawatan, lho. Bila tidak, motor Anda kemungkinan dapat hancur dan akan susah dihidupkan saat diperlukan.

Tetapi, karena satu dan lain, Anda kemungkinan jarang-jarang memakai motor yang Anda punyai di rumah.

Panduan Menjaga Motor Yang Jarang digunakan

  1. Teratur memanasi mesin bermotor

Langkah yang termudah dengan memanasi motor dengan teratur tiap hari sepanjang 5-10 menit. Ini bisa membuat oli jadi tersirkulasi. Hingga, sparepart yang ada dalam mesin jadi terlumasi dan mesin bermotor bisa bekerja dengan sempurna.

Memanasi motor berguna juga untuk isi kembali daya battery atau accu motor supaya tidak gampang turun ataupun lebih dikenali dengan panggilan rusak.

  1. Check keadaan oli dan accu

Memeriksa keadaan oli dan accu beritanya bisa meminimalisasi berlangsungnya malfungsi pada motor, terutamanya saat ingin dikemudikan sesudah lama tidak digunakan.

Dengan itu, Anda dapat menahan beberapa hal yang tidak diharapkan terjadi.

  1. Beri pelumas

Saat motor jarang-jarang dipakai, umumnya beberapa elemen yang awalnya diolesi bisa menjadi kering dan berpengaruh pada performa yang tidak maksimal.

Karena itu, sepanjang motor terparkir di rumah, Anda dianjurkan untuk memulasi beberapa elemen dengan oli atau gendut sesuai keperluan.

Sisi elemen motor yang umum diolesi oli diantaranya kabel gas, kabel kopling, rantai dan per standard samping.

Sementara untuk grease atau gendut umumnya digunakan di tempat yang tertutup, seperti bearing komstir, laher as roda, as roda atau pada laher swing arm.

  1. Check penekanan udara pada ban

Elemen yang lain perlu dilaksanakan pengujian dan tidak kalah penting ialah ban.

BACA JUGA  Laptop Gaming Murah Terbaik 2022 Yang Perlu diketahui

Umumnya, saat motor jarang-jarang dipakai, kekerasan ban seringkali diketemukan menyusut atau kempes.